Belajar Rumus Excel Dasar
Belajar rumus excel pada program microsoft excel sangat diperlukan jika anda setiap hari menggunakan program excel. Rumus excel digunakan untuk proses perhitungan data baik itu data nomor, text, tanggal, dan lain sebagainya.
Sebelum anda menggunakan rumus excel sebaiknya anda dapat memahami apa itu rumus, fungsi dan formula dalam excel. Fungsi adalah rumus yang telah ditetapkan untuk melakukan perhitungan dengan parameter tertentu. Seiring berjalanya waktu mircosoft excel selalu menambahkan fungsi atau rumus-rumus baru sesuai dengan perkembangan untuk memudahkan perhitungan. Pada kesempatan ini kita akan belajar rumus excel dengan melakukan perhitungan menggunakan fungsi dasar statistik SUM, COUNT, MIN, MAX, dan AVERAGE. fungsi statistik ini sebagai awal pembelajaran kita sebelum masuk ke materi Fungsi yang lebih kompleks.
Apa itu Fungsi dan Formula?
Fungsi dan formula adalah dua hal yang berbeda pada excel namun saling berkaitan. Fungsi itu sendiri adalah perintah program yang sudah di sediakan oleh excel untuk melakukan proses perhitungan, sedangkan Formula adalah pernyatataan yang dituliskan pada formula bar untuk melakukan perhitungan. untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini
- =SUM(H34:I38) : keseluruhan rumus dinamakan formula
- =SUM : afalah Fungsi yang sudah disediakan oleh excel untuk melakukan perhitungan.
Belajar Rumus excel untuk Statistik
Fungsi ini adalah fungsi yang digunakan untuk menangani masalah perhitungan statistika.
- Fungsi SUM digunakan untuk menghitung nilai total dari suatu range.
- Fungsi AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range.
- Fungsi MAX untuk mencari nilai terbesar dari suatu range.
- Fungsi MIN Digunakan untuk mencari nilai terkecil dari suatu range.
- Fungsi COUNT digunakan utuk menampilkan banyaknya data dalam satu range.
Cara Menggunakan fungsi/rumus
Contoh : Dari tabel dibawah ini kita diminta untuk mecari nilai total, rata-rata,nilai terbesar, nilai terkecil dan banyaknya data. Hasilnya akan diletakan pada cell H39-H43.
Penyelesaian
1# cara pertama menggunakan fitur Autosum
- Letakan pointer pada cell H39
- Masuk ke Tab Home pilih Autosum (klik dropdown)
- Pilih sum. ” pada cell H39 otomatis akan ditambahkan formula =SUM(H34:H38)
- Tekan Enter dan Nilai akan masuk kedalam Cell
Untuk Fungsi Average, min, max, dan count langkahnya sama dengan langkah diatas. letakan pointer sesuai dengan cell tujuan yang akan dicari hasilnya. pada saat menggunakan autosum excel akan otomatis seleksi range, perhatikan seleksi datanya jika seleksi melebihi range anda dapat seleksi ulang dengan blok manual menggunakan mouse.
2# Cara kedua dengan menuliskan rumus langsung didalam cell
- Letakan pointer pada cell H39
- Tuliskan =SUM(
- Blok range cell H34:H38 kemudian beri tanda tutup kurung sehingga menjadi =SUM(H34:H38)
- Tekan Enter dan Nilai akan masuk kedalam Cell
Catatan : Excel menyediakan fitur Autocomplete ketika menuliskan fungsi. anda cukup sorot fungsi yang akan digunakan kemudian tekan tab atau double klik fungsi tersebut.
Komentar
Posting Komentar